Pengikut

About Me

Foto saya
just an ordinary girl :)

INTERNET vs SURAT KABAR dan PERMAINAN TRADISIONAL Tugas 1

Pada dasarnya, berita sangat penting bagi manusia, karena di dalam berita lah aktivitas-aktivitas manusia diliput. Mulai dari kegiatan sehari-hari, kreativitas yang membangun, sampai pada kegiatan kejahatan. Berita tersebut dimuat dalam bentuk surat kabar, majalah, dan disiarkan melalui televisi ataupun radio.

Namun, seiring perkembangan teknologi, penyiaran berita pun lebih berkembang. Berita kini disiarkan melalui internet sehingga seluruh dunia dapat mengetahui apa yang terjadi di suatu tempat dan kapan itu terjadi. Selain itu, kalau selama ini kita hanya mendapat informasi berita dalam jumlah yang minim karena disiarkan melalui televisi ataupun surat kabar, kini melalui internet kita dapat mengakses informasi mengenai apa saja, dimana saja, dan kapan saja.

Saya sendiri lebih senang mengakses informasi melalu internet dibandingkan membaca surat kabar. Karena surat kabar tampilannya kurang menarik. Berbeda dengan yang ada di internet, didesign sedemikian sehingga orang tertarik untuk melihat dan membacanya. Saya pun lebih senang karena begitu banyak animasi yang menarik.

Internet itu sendiri sebenarnya memiliki bebrapa fungsi, seperti :

- sebagai alat komunikasi : misalnya melalui e-mail ataupun chatting

- sebagai alat mengakses informasi : berkaitan dengan perkembangan sosial, budaya, politik, dan IPTEK.

- sebagai alat untuk pendidikan dan pembelajaran : mengemas bahan pendidikan dan memasukkannya ke dalam jaringan sehingga dapat diakses masyarakat luas

- sebagai fungsi tambahan : apabila peserta didik mempunyai kebebasan memilih memanfaatkan materi pembelajaran tersebut atau tidak.

- sebagai fungsi pelengkap : apabila materi pembelajaran elektronik diprogramkan untuk melengkapi materi pembelajaran yang diterima peserta didik di daam kelas

Dalam hal ini saya akan lebih membahas internet sebagai alat komunikasi.

Dengan internet, saya tidak perlu lagi pergi ke perpustakaan untuk mencari ilmu. Saya cukup duduk di depan komputer dan mengakses informasi apapun yang saya inginkan. Saya pun tidak pernah lagi menyentuh surat kabar.

Jujur saja, karena internet ini, saya lebih termotivasi untuk mencari informasi. Motivasi yang saya maksud disini bukan sekedar motivasi atau keinginan biasa. Karena sebenarnya motivasi terdiri atas :

  1. motivasi ekstrinsik : melakukan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu yang lain
  2. moticasi intrinsik : motivasi internal untuk melakukan sesuatu demi sesuatu itu sendiri.

Motivasi intrinsik itu yang membuat saya terus mengakses informasi dari internet.

Saya membuka internet bukan hanya semata-semata untuk membantu saya menyelesaikan tugas, tetapi juga karena saya senang dengan informasi-informasi yang saya akses.

Namun, sebagai remaja saya bukan hanya membutuhkan informasi saja, tetapi saya pun membutuhkan hiburan. Dan lagi-lagi hiburan itu dengan mudah saya dapat melalui internet. Kalau dulu, saya harus sibuk mencari area permainan untuk bermain dan sibuk membeli kaset playstation. Namun sekarang, saya bisa dengan mudah mendapat permainan-permainan yang seru hanya dengan duduk di depan komputer saja dan mengaksesnya melalui internet.

Kini saya dapat memperkaya diri saya dengan informasi dan hiburan melalui internet yang lebih menarik dan lengkap. Akan tetapi, bukan berarti surat kabar tidak penting dan permainan lain menjadi tidak mengasyikkan. Surat kabar tetap penting karena tetap menyajikan informasi yang berguna. Permainan bukan dari internet tetap saja mengasyikkan. Hanya saja, berita/informasi dan permainan melalui internet memiliki banyak kemudahan dan daya tarik yang lebih dibandingkan surat kabar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar